Rabu, 30 Juli 2008

Baru Baca Dua Bab

Allah tidak akan merubah keadaan suatu kaum, hingga mereka mengubah keadaannya sendiri. Itu yang dikatakan Allah dalam ayat-ayat cintanya


Baru dua bab saya baca karya Andera Hirata, Laskar Pelangi, saya langsung tersadar kalo Allah itu Maha Adil. Disana baru diceritakan bahwa ada seorang anak dengan rambut ikal yang merupakan manusia pertama yang bersekolah dari empat generasi keluarganya, ia seorang anak nelayan yang bahkan tidak punya perahu dan selanjutnya kata Andrea Hirata ia menjadi seorang yang jenius dan sukses. Aku pikir pasti di cerita selanjutnya ia nantinya menjadi seorang sejenis inspirator.

Allah Maha Adil, itu yang langsung terbesit di ingatan. Tak ada cerita orang sukses karena ia hidup santai, tanpa semangat, tanpa keinginan.

Tidak ada kisah orang sukses yang enak didengar tanpa ada kisah perjuangan. Tak pernah ada inspirasi dilahirkan dari kesenangan hidup semata.

Maka kau saksikan bahwa Allah Maha Adil, barang siapa mau berubah, bersemangat untuk maju, bercita-cita untuk bangkit, maka Allah yang akan menggariskan sebuah perubahan yang luar biasa.

Aku yakin dalam cerita selanjutnya, akan ada berbagai tantangan, rintangan, kerikil-kerikil tajam yang mungkin melukai telapak kaki, namun sepertinya itu tak akan terasa sebagai kepedihan jika kita sabar dan tetap pada keinginan untuk bangkit. Maka bermetamorfosislah seorang anak nelayan miskin yang bau karet karena menggunakan sendal dari ban, yang kulitnya hitam karena terbakar matahari, yang salah memegang pinsil tukang jahit untuk menulis buku, menjadi seorang manusia dengan kekayaan yang melimpah, bukan kekayaan harta, itu terlalu murah, tapi kekayaan jiwa.


Regard to Andrea Hirata

Dimas E Luftimas

Tidak ada komentar: